Cari Artikel

Selamat datang! di blog The Kampoeng Blogger , silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar bila terdapat kode yang error.

March 02, 2013

Let's Go Green!: Memasang Mode Hemat Energi (Energy Saving Mode) di Blog

Apakah anda salah satu yang menyukai teknologi ramah lingkungan? Apakah anda sangat memperhatikan masalah lingkungan di sekitar anda? Jika jawabannya ya, maka widget yang satu ini tentunya akan sangat berarti bagi anda. Dan bila ternyata jawaban anda tidak, tidak mengapa, karena inilah saatnya anda mulai memperhatikan masalah lingkungan di sekitar anda, termasuk dalam masalah penghematan energi.

Mengapa mesti widget ini? apa kelebihannya? Nah, menyambung pernyataan saya sebelumnya, widget ini bisa digunakan untuk menghemat energi listrik yang digunakan termasuk aktivitas blog kita. Lalu bagaimana widget ini bekerja? Saat blog anda tidak ada aktivitas sama sekali, maka saat itulah mode hemat energi ini bekerja. Dengan membuat black screen pada blog sehingga menghemat energi yang dipakai saat blog tidak digunakan. Tentu saja anda harus mensetting waktu pada widget ini sehingga saat beberapa waktu terlampaui tanpa ada aktivitas di blog, maka mode hemat ini akan bekerja menghemat pemakaian energi anda. Menarik bukan?

Memasang Mode Hemat Energi (Energy Saving Mode)

Sebelum memasang kode script sebaiknya anda backup template blog anda, untuk berjaga-jaga bila terjadi error saat pemasangan kode. 

Step 1

Masuk ke halaman dashboard > Template > HTML

Step 2

Letakkan kode berikut tepat sebelum kode </head>
<script language='javascript' src='http://the-kampoeng-blogger.googlecode.com/files/ModeHematEnergy.js' type='text/javascript'/> 

Step 3 

Save Template

Step 4

Layout > Add Gadget > HTML/JavaScript

Step 5

Letakkan kode berikut ke dalam halaman HTML/JavaScript (Kolom Title kosongkan saja) 
<script language="javascript" type="text/javascript" src="http://the-kampoeng-blogger.googlecode.com/files/saving%20energy.js?time=180"></script>
Anda dapat mengganti waktu kapan mode hemat energi ini bekerja dengan mengganti angka yang diberi warna merah dengan waktu yang anda inginkan (dalam satuan detik). Misalnya anda ingin mensettingnya menjadi 5 menit berarti anda mengubahnya menjadi "300". 

Cara memasangnya mudah bukan? Lalu bagaimana dengan anda? apakah anda sudah memasangnya di blog anda?
Selamat mencoba!
Semoga bermanfaat.
Wassalam. 

Written by: Rysmah Zainal Arifin
The Kampoeng Blogger, Updated at: 9:19 PM

1 comments :

Unknown said...

Blog yang luar biasa.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini:

Komentar yang mengganggu, berbau SARA, porno, mengandung iklan dan mencantumkan link aktif akan segera kami hapus.
Terimakasih atas perhatiannya.