Cari Artikel

Selamat datang! di blog The Kampoeng Blogger , silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar bila terdapat kode yang error.

March 02, 2013

Menyesuaikan Letak Video di Artikel

Anda mungkin akan mendapat kesulitan saat ingin menyesuaikan letak video yang anda upload ke dalam artikel, karena video tersebut ternyata tidak bisa anda pindahkan semudah anda memindahkan gambar di artikel. Lalu anda bertanya-tanya, kira-kira bagaimana caranya agar anda bisa menyesuaikan letak video di artikel sehingga artikel anda terlihat rapi.

letak video di artikel


Ada dua cara untuk mengubah letak video di dalam artikel.

Video yang diupload melalui ikon insert video di blog

Caranya adalah dengan mengklik video yang anda upload lalu klik ikon alignment dan pilihlah salah satu pilihan letak yang anda inginkan (center, right, left).

Ikon alignment
ikon alignment

Video yang diupload dari YouTube dan situs lainnya

Caranya adalah dengan menambahkan beberapa kode pada kode video. Cara ini sangat gampang, karena anda hanya menambahkan kode div di depan kode video. Contohnya bila saya ingin menempatkan video di bagian tengah artikel.
<div style="text-align:center;"><object class="BLOGGER-youtube-video" classid="clsid:D27CDB6E-AE6D-11cf-96B8-444553540000" codebase="http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=6,0,40,0" data-thumbnail-src="http://0.gvt0.com/vi/T6jmyRAmTBA/0.jpg" height="266" width="320"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/T6jmyRAmTBA&fs=1&source=uds" /><param name="bgcolor" value="#FFFFFF" /><param name="allowFullScreen" value="true" /><embed width="320" height="266"  src="http://www.youtube.com/v/T6jmyRAmTBA&fs=1&source=uds" type="application/x-shockwave-flash" allowfullscreen="true"></embed></object></div>
Maka hasilnya akan terlihat seperti ini..

Menyesuaikan Letak Video di Artikel


Bila anda ingin mengubah letak video berada di bagian kanan artikel, maka anda hanya perlu mengubah kata "center" menjadi "right" dan begitupun untuk bagian kiri artikel.

Anda juga dapat menyelipkan video ke dalam artikel dan mensejajarkannya dengan artikel anda (sama seperti yang anda lakukan pada gambar), maka anda perlu untuk menambahkan beberapa kode lagi.
<span style="float:left; display: block; margin:9px;"><object class="BLOGGER-youtube-video" classid="clsid:D27CDB6E-AE6D-11cf-96B8-444553540000" codebase="http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=6,0,40,0" data-thumbnail-src="http://0.gvt0.com/vi/T6jmyRAmTBA/0.jpg" height="266" width="320"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/T6jmyRAmTBA&fs=1&source=uds" /><param name="bgcolor" value="#FFFFFF" /><param name="allowFullScreen" value="true" /><embed width="320" height="266"  src="http://www.youtube.com/v/T6jmyRAmTBA&fs=1&source=uds" type="application/x-shockwave-flash" allowfullscreen="true"></embed></object></span>
Sama seperti cara sebelumnya, bila anda ingin mengubah letaknya maka cukup mengganti kata "left" pada kode tersebut dengan "center" atau "right". Anda juga dapat memodifikasi margin (jarak artikel dari video) sesuai dengan yang anda inginkan. Hasilnya seperti gambar di bawah ini. 

Menyesuaikan letak video di artikel

Semoga bermanfaat.
Wassalam.

Written by: Rysmah Zainal Arifin
The Kampoeng Blogger, Updated at: 3:18 PM

0 comments :

Tinggalkan Komentar Anda di Sini:

Komentar yang mengganggu, berbau SARA, porno, mengandung iklan dan mencantumkan link aktif akan segera kami hapus.
Terimakasih atas perhatiannya.